Kehadiran Smart dan Virtual Office: Sebuah Upaya Solutif Peningkatan Produktivitas dan Efisiensi Kerja

Setidaknya terdapat dua permasalahan yang seringkali menggejala di lingkungan tempat kerja utamanya bagi perusahaan yang masih cenderung baru ataupun dalam tahap perintisan. Pertama, berkaitan dengan semangat dan produktivitas para pekerja yang seringkali tidak sesuai harapan dan Kedua, terkait permasalahan dana internal perusahaan yang belum cukup memadai untuk membiayai biaya operasional perusahaan.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Society of Interior Designer, terdapat beberapa aspek terkemuka yang mempengaruhi “kecintaan” karyawan terhadap pekerjaan yang tentu saja berimplikasi pada produktivitas kerja. Salah satu diantaranya adalah desain tempat kerja secara fisik. Lebih lanjut, Jurnal Urusan Publik, Administrasi dan Manajemen mengungkapkan desain tempat kerja tersebut meliputi beberapa faktor di antaranya; kebersihan, lampu atau penerangan di tempat kerja, tingkat kebisingan, dan berbagai macam perabotan dan perlengkapan di tempat kerja.

Olehnya, kaitannya dengan permasalahan semangat dan produktivitas kerja, aspek desain tempat kerja ini harus menjadi salah satu fokus pembangunan dan pengembangan sebuah perusahaan. Kehadiran Serviced Office yang merupakan salah satu bentuk Smart Office sekiranya bisa menjadi upaya solutif bagi terciptanya ruang kerja yang memadai dan nyaman bagi para pekerja. Dilansir melalui startups.co.uk, sebagai tempat kerja bagi perusahaan dan lingkup bisnis, di era digital ini Serviced Office telah menjadi pilihan yang populer. Menurut laporan 2018, Serviced Office di Inggris meningkat sebesar 157%, dengan London yang juga mengalami peningkatan sebesar 141%. Permintaan di pasar regional pun naik menyentuh angka 406%.

Serviced Office sendiri merupakan sebuah bangunan komersial yang dimiliki oleh perusahaan manajemen fasilitas yang menyewakan kantor individu maupun keseluruhan lantai lengkap. Fasilitas kantor yang diberikan akan lebih banyak, lengkap, dan memadai. Biaya sewa Serviced Office umumnya adalah per bulan dan pertahun (meskipun ada pula yang menawarkan biaya perhari). Biaya ini biasanya dikemas dalam all in one package yang mencakup ruang kantor professional, furnitur, peralatan dan dekorasi kantor, ruang rapat, dapur, fasilitas ruang rapat, hingga infrastruktur telepon dan koneksi internet. Termasuk juga biaya lain-lain seperti pemeliharaan harian dan persediaan.

Jadi, buat anda yang baru merintis atau sementara mengembangkan perusahaan dan sedang membutuhkan ruang kerja yang nyaman dan memadai, Serviced Office bisa menjadi salah satu pilihannya. Fasilitas lengkap yang ditawarkan akan memudahkan karyawan atau para pekerja untuk menyelesaikan tugasnya masing-masing. Dan tentu saja, Serviced Office masih lebih terjangkau dari kantor konvensional sebab tidak harus mengeluarkan biaya yang besar untuk membangun dan menata kantor sendiri.

Akan tetapi, jika anda memiliki perusahaan skala kecil-menengah dan hanya mempunyai sedikit pekerja serta tidak membutuhkan banyak pertemuan namun membutuhkan kantor administratif, Virtual Office merupakan salah jenis Smart Office yang bisa anda pilih. Dengan menggunakan atau menyewa virtual office, umumnya perusahaan akan diberikan beberapa fasilitas, di antaranya; alamat untuk perusahaan, saluran telepon, resepsionis untuk menjawab panggilan, bahkan hingga ruang pertemuan yang dapat digunakan meskipun hanya dalam waktu waktu tertentu saja. Karena bagaimanapun, ruang kantor ini hanya bersifat virtual sehingga anda tidak bisa menggunakan kantor fisiknya. Namun, tentu saja hal ini tidak akan menjadi masalah apabila perusahaannya tidak membutuhkan banyak rapat dan pertemuan. Dan apabila dibutuhkan pun, rapat atau pertemuan bisa dilaksakan melalui telekonferensi dan video.

Alhasil dengan adanya Virtual Office ini, dalam lingkup perusahaan bisa tercipta efisiensi kerja yang salah satunya adalah pengurangan biaya operasional perusahaan. Sehingga, penghematan pun bisa dilakukan dan fokus pembiayaan dan keuangan bisa lebih ditujukan untuk target program lainnya yang menunjang kesuksesan dan kemajuan perusahaan.

Dalam era digital ini, penyedia jasa sewa menyewa Serviced dan Virtual Office kian menjamur di kota kota besar, termasuk di Jakarta dan sekitarnya. Dan salah satu penyedia jasa penyewa yang memiliki pelayanan terbaik dan profesional adalah Office99.

Office99 telah beroperasi sejak tahun 2016 dan telah melayani klien dari berbagai jenis bidang usaha. Dengan biaya yang terjangkau, para kliennya sudah diberikan akses fasilitas yang sangat lengkap. Khususnya untuk jasa penyewaan Serviced dan Virtual Office.

(Fasilitas Serviced Office yang ditawarkan oleh Office99)

Sementara itu, untuk jasa penyewaan Virtual Office yang ditawarkan oleh #office99 terbagi atas bermacam-macam paket dan tentu saja dengan harga yang berbeda-beda. Berikut gambaran umum perbedaan fasilitas dari tiap paketnya.

 

Bagaimana? Tertarik dengan fasilitas-fasilitas yang ditawarkan oleh Serviced dan Virtual Office? Yuk, boleh segera dipertimbangkan untuk perusahaan anda. 

Leave a Reply