Berkenalan dengan Hainan, Pulau Kecil di China dengan Jamuan Wisatanya yang Super Komplet

Berkenalan dengan Hainan, Pulau Kecil di China dengan Jamuan
Wisatanya yang Super Komplet

Tahun ini, saya kembali memiliki mimpi untuk memulai perjalanan ke luar negeri –setelah tahun lalu puas dan tuntas melakukan perjalanan sendiri ke beberapa kota di India-. Ya dengan kata lain, “jadi ketagihan” untuk travelling, keluyuran di negeri orang. Hehehe. Tapi dengan syarat, perjalanan kali ini harus low budget lagi! Maklumlah, anak kosan + kuliahan.

Dan karena kebetulan sebelumnya perjalanan saya dihabiskan dengan wisata dan perjalanan darat, -Mulai dari kota padat yang lalu lalang, pegunungan yang dingin, hingga gurun pasir yang tenang- maka liburan tahun ini saya targetkan untuk menikmati tempat yang lekat dengan nuansa dan keindahan perairan. Ya! Mencari pulau yang lengkap dengan pantai indahnya!

Dan hasil dari berburu informasi mengenai tempat wisata yang tepat untuk perjalanan ini, saya akhirnya mempertimbangkan sebuah destinasi yang menurut saya sangat unik, menarik dan juga nampaknya bisa “mengasihani” isi dompet saya. Tempat ini adalah Pulau Hainan yang merupakan salah satu provinsi di China. Selain karena visa untuk turis yang gratis, berbagai macam jamuan alamnya yang eksotis dan aneka hal-hal menarik yang dimiliki oleh Hainan membuat saya seketika “terpikat” dengan pulau ini.

Lalu… Apa saja yang bisa kita nikmati di Pulau Hainan ini? Jawabannya adalah BANYAK! Hainan menyuguhkan jamuan komplit yang bisa memuaskan kita ketika sedang berlibur menikmati nuansanya.

Nah, berikut akan saya uraikan 9 hal seru yang bisa kita lakukan dan nikmati di Pulau yang sering dijuluki “Hawaii-nya” China ini.



1. Bersantai Ria Sambil Bermain Pasir Putih di Pantai Yalong Bay, Sanya

Sumber: en.sanyatour.com

Tentu saja, menikmati keindahan pantai yang eksotis dan “gratis” menjadi salah satu tujuan utama berlibur di Pulau Hainan. Dilansir dari telegraph.co.uk, setidaknya terdapat 10 pantai terbaik yang dimiliki oleh Hainan. Dan salah satu pantainya yang paling bisa memanjakan para turis dan penikmatnya adalah Pantai Yalong Bay yang terletak di kota Sanya.

Air di pantai berpasir putih ini dikenal paling bersih di antara pantai-pantai Sanya lainnya. Saking jernihnya, jarak pandang kita bisa mencapai hampir 10 meter. Ideal banget nih khususnya buat yang hobi menyelam dan menyukai terumbu karang. Dan buat yang ingin bersantai ria di sekeliling pantainya, iklim di Yalong Bay ini sangatlah cocok. Karena Yalong Bay memiliki iklim yang sangat sejuk dengan suhu rata-rata sepanjang tahun adalah 25,5 derajat Celcius.

Selain itu, Yalong Bay juga dikenal dengan pemandangannya yang super indah, sinar matahari yang hangat, udara lembab yang segar, perbukitan yang hijau di sepanjang mata memandang dan lanskap dasar laut yang dipenuhi dengan beragam warna.

2.Berfoto di Depan Patung Dewi Kwan Im

Sumber: percyyy.files.wordpress.com

China memiliki begitu banyak patung Dewi Kwan Im, dan salah satu diantaranya dengan pemandangannya yang paling indah adalah terletak di Pulau Hainan ini. Tentu saja hal ini dikarenakan berpadunya lanskap indah yang dimiliki oleh pulau Hainan yang bersanding dengan keindahan dan kemegahan patung ini.

Patung dengan ketinggian 108 meter ini yang berdiri megah di atas Kawasan Wisata Buddha Sanya Nanshan menjadi patung tertinggi keempat di dunia yang bahkan lebih tinggi dari patung Liberty. Tiga wajah berbeda dari Buddha Guanyin menyerupai seorang ibu yang membawa kedamaian, kebijaksanaan dan kasih sayang untuk kota. Satu wajah dari patung ini menghadap ke Kota Sanya, sementara 2 wajah lainnya menghadap ke Laut Cina Selatan.

Sumber: kajgana.com

Selama perjalanan menuju patung, kita akan dimanjakan dengan pemandangan beranekaragam bunga dan pohon-pohon tropis. Dan setelah mencapai kaki patung, kita akan melihat banyak biksu yang sedang berdoa.

Sangat menenangkan dan menyejukkan banget kan?

3.Berpetualang di Hutan Hujan Tropika Yanoda​

Sumber: http://www.explorehainan.com

Kawasan Hutan Hujan Tropika Yanoda adalah satu tempat yang tepat untuk “melarikan diri” dari hiruk pikuk kota. Kita bisa menikmati beragam hal mulai dari bersantai di lembah yang tenang, berenang di bawah air terjun, berkemah dan menyusuri trekking. Tentu saja, ditemani dengan pohon-pohon beringin yang menjulang, pohon aren, pohon upas hingga Jamur Lingzhi yang bisa kita temui di sepanjang perjalanan. Melimpahnya pepohonan ini menjadikan hutan hujan tropika menjadi “bar” oksigen alami.

Kata “Yanoda” sendiri merupakan fonogram yang terdiri dari “Ya, No, Da” yang dalam dialek Hainan memiliki arti “satu, dua, tiga”. Sementara itu, Zona Pariwisata Budaya Hutan Hujan Yanoda memberikan makna baru terkait fonogram ini, yakni “Ya berarti Inovasi”, “No mewakili Janji” dan “Da adalah berkaitan dengan praktik”. Konsep Yanoda ini dimaksudkan untuk melestarikan budaya asli dan menunjukkan esensi dari budaya tradisional China.

Sumber: subsites.chinadaily.com.cn

Dream Valley yang dikenal sebagai “dunia air terjun” menjadi salah satu tempat favorit di Hutan ini. Terdapat beberapa air terjun disini; air terjun Yingbin, air terjun Tianmen, dan air terjun Lianmen. Salah satu olahraga menarik yang wajib dicoba di tempat ini adalah Stream Trekking. Olahraga ini menantang kita untuk berjalan di atas jaring pada air, berjalan di atas balok keseimbangan hingga kegiatan memanjat melawan arus air terjun.

4. “Ngemil” kuliner khas yang dijajakkan di street food​

Sumber: www.tripadvisor.com

Setelah puas bersantai ria menikmati pantai dan berpetualang di hutan dari pagi hingga sore, malam harinya kayaknya bakal sempurna kalau dinikmati dengan mencicipi kuliner-kuliner khas yang dimiliki oleh Hainan.

Lalu dimana tempat terbaik untuk mencicipi kuliner di Hainan?

Nah sebenarnya, di seluruh tepi-tepi pantai di berbagai kota di Hainan pasti akan dengan mudah kita temukan para penjual yang menjajakkan kuliner khas pulau ini, namun salah satu tempat favorit para turis yang sangat direkomendasikan adalah Qilou Snack Street yang terletak di Haikou. Karena di tempat ini, kita akan menemukan lebih banyak hidangan dengan harga yang sangat murah. Kita bisa mencicipi bebek Peking, Guokui (pancake khas China), kue dan roti kukus, sate panggang yang beragam,ayam goreng, tahu kukus, jagung goreng, kue kacang, dan masih banyak lagi!

Bener-bener bakal membuat tidur kita pulas nih, hehe.

5.Berjalan-jalan Sambil Mengabadikan Momen di Kota Tua Quilou ​

Sumber: http://subsites.chinadaily.com.cn

Terletak di Haikou, Kota Tua Quilou menjadi salah satu tempat dengan bangunan-bangunannya yang bersejarah. Perpaduan antara gaya arsitektur Asia dan Eropa telah menjadi kota ini memiliki terbilang “paling eksotis” dari seluruh China. Total bangunan di jalan-jala Qilou ini mencapai 200 bangunan termasuk 39 gedung lainnya di Jalan Zhongshan. Dan salah satu bangunan tertua yang dimilikinya adalah Gedung Sipai yang berusia sekitar 600 tahun sejak Dinasti Song Selatan.

Kota tua ini selalu menjadi pusat kehidupan Haikou bahkan sampai sekarang. Secara historis, tempat ini telah dulunya merupakan tempat konsulat, gereja, kantor pos, bank dan kamar dagang milik 13 negara. Dan saat ini, Kota Tua Qilou masih menjadi tempat perbelanjaan dan tempat makan utama di Haikou. Yang akan membuat para pengunjungnya merasa nuansa kehidupan tradisional.

6.Kunjungan Wisata Budaya di Binglanggu Li dan Miao Cultural Heritage (Pemukiman Suku Li dan Miao)

Sumber: http://en.sanyatour.com

Akan sangat tidak lengkap rasanya, apabila berkunjung di suatu tempat yang baru namun tidak berusaha untuk mengetahui lebih lanjut secara langsung mengenai budaya lokal yang ada.

Olehnya, menjadi sebuah keharusan apabila sedang berada di Pulau Hainan untuk juga mengunjungi kawasan Wisata Budaya yang dimilikinya. Salah satu kawasan yang terkenal dengan kebudayaan lokalnya yang kental adalah Binglanggu Li dan Miao Cultural Heritage.

Kawasan ini merupakan tempat yang tepat untuk mengenal budaya Li & Miao setempat melalui pameran, pertunjukan, hingga keseharian orang-orang Li & Miao yang bertempat tinggal di sana.

Sumber: http://en.sanyatour.com

Di Desa Li, tepatnya di the Tattoo Museum and the Intangible Heritage Exhibition Hall, kita dapat melihat teknik pemintalan dan proses pertenunan, teknik memancing dan metode pertanian yang digunakan oleh Orang Li. Dan di desa ini juga, kita bisa mengamati kehidupan sehari-hari orang asli Li. Mulai dari rumah-rumah yang berbentuk seperti perahu, beragam alat musik bambu, tempat penyulingan hingga aktivitas para wanita yang sedang menenun brokat Li dan membuat tembikar. Sementara itu, di Desa Miao, untuk pertama kalinya pengunjung akan disambut oleh para Wanita Miao yang menyanyi dan melakukan tarian rakyat setempat.

Perjalanan di kawasan ini akan semakin lengkap dengan menonton pertunjukkan live Areca Ancient Rhyme selama 30 menit yang mepertunjukkan perpaduan antara tarian memotong kayu bakar dan tarian beras, teknik pemintalan, pertenunan hingga teknik mengebor gayu untuk menghasilkan api. Di pertujukan singkat ini, akan sangat tergambar dengan jelas bagaimana ekspresi kehidupan sehari-hari masyarakat di Desa Li dan Miao.

7. Menyapa dan memberi makan monyet-monyet di Nanwan Monkey Island

www.chinatouradvisors.com

Nanwan Monkey Island menjadi salah satu keunikan dan ciri khas lain yang dimiliki oleh Hainan. Tercatat, Pulau Monyet yang terletak di Lingshui ini adalah satu-satunya cagar alam untuk melindungi monyet di China dan bahkan di dunia. Iklim dan cuaca yang bersahabat telah menjadikan pulau ini sebagai habitat sempurna bagi monyet yang jumlahnya mencapai sekitar 2000 ekor.

Manajemen yang baik pun menjadikan pulau ini sangat rapi dan bersih. Para pemandu berseragam akan mengajak kita bermain-main dengan monyet untuk merasakan secara langsung “harmoni” hubungan antara manusia, hewan dan alam. Tentu saja, ini bisa menjadi salah satu obat ampuh bagi tekanan dan beban dari seluruh keseharian kita.

8.Menjelajahi Boundary Island

Sumber: www.sunnyhainan.com

Dikenal dengan julukan Beauty IslandBoundary Island yang terletak di Lingshui ini menjadi sebuah pulau kecil cantik yang bisa memikat para turis. Di pulau ini, pengunjung akan ditawarkan berbagai macam olahraga dan beragam aktivitas menarik lainnya, diantaranya; scuba diving, berperahu pesiar, berlayar, berenang, hiking, permainan bola voli, parasailing, kapal selam wisata dan banyak lagi. Aktivitas yang beragam ini menjadi ciri khas yang membuat pulau ini berbeda dengan tempat-tempat wisata lainnya di Hainan.

Sumber: http://www.driftwoodrhythms.com

Menginjakkan kaki di pulau ini akan benar-benar membuat kita takjub dengan berbagai macam pemandangan yang disuguhkan. Pada bagian timur, kita akan melihat tebing-tebing tinggi dengan ombak-ombak pantai yang sesekali menampar batu-batu besar. Sementara di bagian barat, kita akan dimanjakan dengan hembusan angin pantai yang lembut.

9.Berbelanja dan Membeli Beragam Oleh-Oleh Unik Khas Hainan

Sumber: depositphotos.com

Berbelanja dan membeli oleh-oleh untuk keluarga menjadi salah satu hal wajib lainnya ketika sedang liburan. Di Hainan, kita bisa menemukan berbagai pusat perbelanjaan yang menjual oleh oleh khas dari tempat ini. Salah satunya adalah tempat-tempat perbelanjaan yang terdapat di area Haixiu Road, di Haikou. Di tempat ini, ada banyak toko yang menjual berbagai macam souvenir dan oleh-oleh.

Di Hainan sendiri, terdapat beraneka ragam souvenir yang umumnya mengambil tema “laut” dan gaya pedesaan, diantaranya; mutiara, kristal, Li Brocade (kain unggulan buatan orang Li), patung ukir batok kelapa dan kerang laut.  

 

**

Sebenarnya, persiapan Liburan ke Hainan tidaklah begitu ribet. Dikarenakan visa masuk bagi turis 59 negara (termasuk Indonesia) yang sudah digratiskan oleh pemerintah China, kita hanya tinggal mempersiapkan paspor, membeli tiket pesawat, menyusun planning wisata selama liburan nanti, dan… langsung cus!

Nah, tapi kalau mau yang lebih mudahnya lagi, kita bisa mengandalkan jasa agen travel terpercaya. Yang tentu saja akan membantu seluruh persiapan perjalanan kita hingga tuntas berlibur nanti.

Salah satu agen travel yang memiliki kualitas pelayanan terbaik adalah H.I.S Tours and Travel. Dan setidaknya ada 5 kelebihan yang diberikan oleh H.I.S Travel dibanding agen travel lainnya.

Dan khusus untuk Paket Tour HainanH.I.S. menyediakan 3 paket perjalanan yakni paket 6D/5N, paket 7D/6N Harmony, dan paket 7D/6N Harmony + Macau. Paket ini dibanderol dengan biaya yang terjangkau yakni mulai dari harga 4 juta-aan!!

Wah! Bener bener bisa berkompromi banget kan sama dompet? hehehe. Seluruh biaya ini mencakup tiket transportasi pesawat PP, akomoasi Hotel, Makan (pagi, siang, malam) hingga asuransi perjalanan gratis untuk usia peserta maksimal 79 tahun. Komplit Banget Pokoknya! 

***

 

Artikel ini diikutsertakan dalam #HotHainan Blogger Competition yang diadakan oleh H.I.S. Tours and Travel

Leave a Reply