Membuka Toko Sewa Buku “Intagramable”: Rencana Bisnisku di Kota Molulo

Membuka Toko Sewa Buku “Intagramable”: Rencana Bisnisku di Kota Molulo

Saya sebenarnya sudah mulai tertarik dengan bisnis “sewa buku” sejak SMA. Berbagai koleksi novel milik saya pribadi, saya perkenalkan ke teman-teman yang ada lingkungan kelas dan sekolah. Dan siapapun yang ingin meminjamnya, akan saya kenakan tarif per minggu.

Meskipun ada satu dua teman yang kadang nyeletuk (dalam logat kendari), 

“sudah kayak mail-nya upin-ipin saja kau lama-lama, otak bisnismu jalan terus mi”.  

Hehe. Tapi tak apalah, yang penting bisa nambah-nambah duit jajan dikit-dikit lah ya?

sumber:youtube.com

Namun, bisnis ini terpaksa tersudahi setelah saya memutuskan untuk melanjutkan kuliah di luar daerah. Agak tidak memungkinkan rasanya bila buku milik saya dan keluarga yang sudah memenuhi lemari, saya bawa ke Jakarta dan memulai bisnis ini kembali.

Dan akhirnya, singkat cerita, di pertengahan tahun ketiga kuliah ini saya kembali memiliki inisiatif untuk melanjutkan bisnis ini. Tapi dalam skala yang lebih besar, yakni dengan membuka toko sewa buku di kota Kendari. Untuk tempatnya, kebetulan rumah toko (ruko) yang keluarga saya miliki punya ruang kosong yang menurut saya sangat cukup untuk sebuah toko buku yang minimalis. Pun, sudah sangat disetujui oleh pihak keluarga untuk saya jadikan tempat bisnis sewa buku.

Selain karena sudah tersedianya ruang yang nantinya bakal menjadi tempat penyewaan, Kendari -menurut saya- menjadi kota yang sangatlah cocok untuk memulai bisnis ini. Toko buku yang jumlahnya tidak terlalu banyak, serta luas kota yang sangatnya kecil dan tidak macet menjadi dua “nilai lebih” bagi bisnis ini. Pertama, toko sewa buku yang nantinya saya dirikan bisa menjadi salah satu opsi bagi pecinta buku untuk mendapatkan buku-buku yang mereka ingin baca dengan harga sewa yang tentu saja akan sangat murah meriah. Dan Kedua, akses jarak yang dekat ke toko sewa buku, tentu akan lebih memudahkan para pengunjung dan calon pembaca yang nantinya akan berkunjung ke tempat ini.

Dan selain dua nilai lebih itu, saya pun kemudian turut merencakan penciptaan satu nilai lebih lainnya bagi toko buku ini. Yakni dengan dengan membuat rencana desain interior ruangan yang instagramable serta nyaman bagi pengunjung. Tujuannya tidak lain adalah tentu saja untuk menciptakan daya tarik tersendiri, terutama untuk kalangan muda-mudi.

Dilansir melalui homify.co.id, Instagramable sendiri merupakan istilah yang menjukkan sebuah objek yang bagus untuk diabadikan dan dibagikan di media sosial. Objek ini memiliki nilai estetika yang lebih untuk dipandang. Istilah lainnya adalah eye catching.

Salah satu unsur penting dalam penciptaan ruang yang “instragamable” adalah perpaduan warna, pola dan tekstur pada interior dan perabot-perabot yang digunakan. Dan untuk memenuhi unsur ini, saya telah memiliki referensi tempat untuk membeli perabot, hiasan dan aksesoris yang menurut saya sangat menarik, unik, dan memiliki nilai-nilai kreasi lokal. Dan tempat yang saya maksud tidak lain adalah Blibli.com.

sumber: blibli.com

Karena kebetulan, Blibli.com memiliki salah satu laman tersendiri yakni “kreasiku”. Melalui laman ini, kita akan dengan mudah mendapatkan berbagai macam barang yang merupakan produk hasil kreasi lokal. Tidak terkecuali produk yang bertemakan “rumah dan dekorasi”. Seluruh produknya terbilang unik dan eksklusif.

Setelah mencoba stalking laman Blibli.com, saya mendapati banyak barang yang berjenis perabotan dan hiasan ruangan karya pengrajin lokal yang menurut saya bisa memberi kesan “asik dan indah” untuk dipandang mata. Berikut saya tunjukin beberapa contoh gambar produknya yang langsung saya screenshot dari laman Blibli.com.  

 

Selain itu juga, khusus untuk laman “kreasiku”, Blibli.com pun memberikan beberapa penawaran terbaiknya yakni diantaranya; harga yang murah dan terjangkau, gratis pengiriman dan cicilan 0%.

Dan tentu saja, dengan membeli produk “kreasiku”, kita bisa membantu perekonomian Indonesia karena berbagai macam produk barangnya dibuat oleh para pengrajin lokal yang bahan produknya hanya di temui di Indonesia.

Gimana? Menarik banget kan ya? 

Yuk, Bareng-bareng kita berkreasi bersama produk kreasi lokal Blibli.com !

 

***

 

 

 

Artikel ini diikutsertakan dalam Blog Competition “Stalking Blibli.com”

Leave a Reply