Ketika SehatQ Berkontribusi untuk Individu, Masyarakat dan Negara

KETIKA SEHATQ BERKONTRIBUSI UNTUK INDIVIDU, MASYARAKAT DAN NEGARA 

OLEH: HUDA R ALAM (NGO ACTIVIST/IR STUDENT/WRITER)

Hari ini, dalam perspektif hubungan internasional, isu ‘keamanan’ yang sebelumnya hanya berfokus pada negara, geopolitik, dan militer telah mengalami perubahan yang besar. Hari ini juga, pertanyaan terkait keamanan telah banyak lahir dari penyakit, kelaparan, pengangguran dan konflik sosial.

Ya, perkara penyakit yang diidap oleh manusia telah merambah menjadi satu isu keamanan negara bahkan global. Dalam studi HI dikategorikan sebagai keamanan non tradisional. Dan United Nations on Development Program (UNDP) mengistilahkannya sebagai Health Security yang menjadi salah satu dari 7 isu keamanan manusia yang mencakup Economic Security,  Food Security, Environmental Security, Personal Security, Community Security,  Political Security, dan Health Security.

Meskipun kesehatan bersifat umum dan juga terkait hal yang sifatnya personal, namun tidak dapat dipungkiri bahwa efek permasalahan yang ditimbulkan bisa saja menyebar dalam sebuah negara atau bahkan melintasi batas negara. Virus flu burung misalnya, masuk ke Indonesia pada 2003 dan tidak dalam waktu lama menyebar ke beberapa wilayah. Hingga 2012 saja, 349 kematian terjadi akibat flu burung di seluruh dunia, 155 di antaranya terjadi Indonesia. Flu burung sendiri merupakan penyakit yang dapat menular ke manusia yang diistilahkan dengan zoonosis (BBC, 2012)

Oleh karena kesehatan adalah hal yang melekat pada diri kita dan permasalahannya bisa memiliki dampak buruk terhadap sekitar (yang bahkan berkemungkinan melintasi batas-batas negara), maka penting untuk masing-masing dari kita untuk ‘lebih peka’ terhadap isu ini.

Syukurnya belakangan ini, tidak lagi hanya negara yang peka ataupun dituntut untuk peka, tetapi sudah banyak aktor non-negara baik perusahaan, organisasi, maupun sipil (individu) yang telah ‘bergerak’ dalam mengatasi berbagai permasalahan di bidang kesehatan.

Dan dalam ‘dunia lintas batas’ hari ini yang serba singkat dan cepat, berbagai problem kesehatan pun diupayakan untuk diselesaikan dalam waktu yang lebih ringkas namun optimal. Ide-ide cemerlang dari berbagai aktor negara dan non-negara pun kian merambah dan menghasilkan berbagai praktik ataupun proyek sosial ‘pemecah’ masalah.

Keluhan pasien ketika berlama-lama menunggu antrian dokter ataupun resep obat, minimnya informasi kesehatan (penyakit dan gejala-gejalanya), distribusi tenaga medis yang belum merata, serta kendala geografis menjadi beberapa permasalahan penting di bidang kesehatan. Dan sebagai upaya untuk mengatasinya, lagi-lagi kita perlu bersyukur, bahwa perkembangan tekhnologi yang pesat dan tanpa batas telah membuka pintu solusi. Baik aktor negara maupun non-negara pun kian memanfaatkannya. Sebagaimana pernyataan dari World Health Organization (WHO) ; According to the WHO Constitution, “the health of all peoples is fundamental to the attainment of peace and security and is dependent upon the fullest co-operation of individuals and States (Menurut Konstitusi WHO, “kesehatan semua orang bersifat fundamental bagi pencapaian perdamaian dan keamanan dan hal ini bergantung pada kerja sama sepenuhnya antara individu dan Negara). 

Dalam momen ini, platform digital sehatQ hadir pada waktu yang tepat dengan membawa solusi yang tepat sasaran pula. Tim SehatQ -yang terdiri dari tim dokter dan editorial- telah menyiapkan informasi kesehatan dengan referensi yang jelas dan kredibel, menyediakan platform komunitas bagi pengguna untuk bertukar informasi dan saling mendukung dalam perjalanan kesehatannya, dan menghubungkan pasien dengan tenaga medis maupun penyedia layanan kesehatan (SehatQ.com).

SehatQ telah memberikan kita semua sesuatu yang sangat berharga yakni “akses” informasi kesehatan yang bisa kita jangkau di mana saja dan diwaktu kapan saja. Tentu saja akan sangat disayangkan jika ‘kita dan tubuh kita yang ingin terus sehat’, tidak memanfaatkan akses berharga ini dengan sebaik-baiknya. 

Hanya dengan login -yang tidak memakan waktu lebih dari 1 menit-, teman-teman sudah bisa mendapatkan beragam akses informasi dan beragam layanan kesehatan yang super lengkap. Mulai dari direktori dokter, direktori rumah sakit, esklopedia penyakit dan obat, informasi acara kesehatan, informasi promo pelayanan kesehatan, forum tanya dokter, chat dokter, serta kumpulan artikel lengkap seputar kesehatan. Dan SehatQ sendiri pun dapat diakses via website dan aplikasi smartphone.

Sumber: Website SehatQ.com

Kehadiran SehatQ pun telah menyadarkan kita akan pentingnya perkembangan tekhnologi serta peningkatan efisiensi. Alhasil, dampak dan manfaat pun dapat kita petik dan rasakan. Tentu saja, dengan adanya platform ini, kita tidak lagi punya alasan untuk malas berkomunikasi dengan dokter karena terkendala jarak ataupun waktu. Semua keluhan ataupun gejala dari penyakit sampai kebingungan kita seputar penanganan medis akan dapat terjawab dalam waktu yang instan. 

Sudahkan kalian menggunakan SehatQ? Yuk disegerakan! 

 

****

Artikel ini diikutsertakan dalam SehatQ Blog Competition 2019

Leave a Reply